Home » » 3. Penanganan Pelanggan

3. Penanganan Pelanggan

Posted by Mk Food on Monday, July 9, 2018

     Sistem GMP pada penanganan pelanggan dapat dikelompokkan menjadi dua segmen, yakni pemasaran dan penyerahan produk. Segemn pemasaran adalah merupakan tahap awal sebelum realisasi produk dan tahap penyerahan produk adalah tahap setelah realisasi produk.
     Pada aktivitas pemasaran, sistem GMP mengatur segala hal yang berkaitan dengan promosi, penawaran, kontrak, dan perencanaan pemenuhan order. Proses tersebut relatif sama, baik untuk sistem produksi mass product maupun job order.
     Sistem GMP yang baik harus melakukan pengendalian hingga penyerahan produk, sesuai dengan batas kewenangan yang dimiliki. Tanggung jawab penerapan sistem HACCP adalah dari sumber bahan hingga penyerahan barang. Prosedur penyerahan yang harus diatur di dalam GMP penyerahan meliputi pengaturan :

  1. kemasan, pelabelan, dan informasi produk;
  2. gudang produk;
  3. stuffing dan shipment;
  4. transportasi;
  5. pemanjangan produk;
  6. penarikan produk.
Sumber : "Sistem Manajemen HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) oleh Dr. Ir. Hermawan Thaheer

Informasi Pelatihan HACCP : Training HACCP 2018
Untuk informasi training lainnya silahkan kunjungi : Website Multi Kompetensi

Thanks for reading & sharing Mk Food

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Search This Blog

Training Multi Kompetensi



Blog Archive