Home » » C. RAPID ALERT SYSTEM

C. RAPID ALERT SYSTEM

Posted by Mk Food on Tuesday, February 27, 2018


     Rapid Alert System for Food and Feed (RASFF) adalah sistem yang dikembangkan di kawasan Eropa untuk menyediakan informasi secepat mungkin mengenai bahaya keamanan dan kesehatan pangan serta pakan. Sistem tersebut menyediakan lembaga yang berwenang dalam pertukaran informasi pada masing-masing negara meliputi Komunitas Eropa (EU), kawasan perdagangan bebas Eropa (EFTA), dan Masyarakat Ekonomi Eropa. Program RASFF mulai dicetuskan pada tahun 1992 namun baru dibentukpada 21 Februari 2002 berdasarkan Artikel 8 dari Directive 92/59/EEC. Dasar hukum program RASFF adalah General Product Safety Directive  (EC) N 178/2002 dengan perlakuan bersifat mandatory bagi semua komoditi pangan dan pakan yang masuk ke kawasan Eropa.
     Menurut publikasi yang diadopsi dari www.efsa.eu.int (16 Maret 2003), RASFF disepakati dengan menerapkan dua macam notifikasi.
  1. Notifikasi ALERT, adalah notifikasi bertalian dengan produk yang ada di pasar kawasan Eropa di mana ditemukan risiko serius bagi pengguna.
  2. Notifikasi INFORMASI, notifikasi yang berhubungan pada produk yang beriisko bagi pengguna, namun diasumsikan tidak beredar di pasar Eropa (misalnya tertahan diperbatasan, produk terlanjur kadaluwarsa, risiko terbatas, ada periode waktu lama antara penemuannya dengan notifikasi).
     Notifikasi ALERT mengharuskan langkah penahanan, pelepasan, atau pengendalian sesegera mungkin. Sedangkan notifikasi INFORMASI tidak mengharuskan adalnya langkah aksi secara cepat.
     Dampak langsung dari penerapan RASFF adalah naiknya pertukaran informasi antarnegara komunitas Eropa dari 698 info pada tahun 1999 menjadi 3024 info pada tahun 2002. 
    
Sumber : "Sistem Manajemen HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) oleh Dr. Ir. Hermawan Thaheer

Informasi Pelatihan HACCP : Training HACCP 2018
Untuk informasi training lainnya silahkan kunjungi : Website Multi Kompetensi

Thanks for reading & sharing Mk Food

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Search This Blog

Training Multi Kompetensi



Blog Archive