Home » » C. DEFINISI (Bagian 1)

C. DEFINISI (Bagian 1)

Posted by Mk Food on Wednesday, March 21, 2018


     Standar HACCP yang dikembangkan pada SNI 01-4852-1998 tampak agak dipengaruhi oleh kerangka berpikir ISO seri 9000 sehingga sejumlah peristilahan diarahkan kepada standar internasional tersebut. Meskipun demikian, beberapa peristilahan kunci tidak dapat dipisahkan dengan prinsip pangan dan memerlukan interpretasi tersendiri.

1. Kendali
     untuk menggambarkan suatu tindakan yang diperlukan guna menjamin dan memelihara pemenuhan kriteria yang dibangun dalam perencanaan HACCP. Didalam konteks manajemen secara umum tahap pengendalian ini bukanlah hanya dilakukan untuk memenuhi kriteria dalam perencanaan HACCP, tetapi juga aktivitas pengendalian keseharian lainnya.
     Pengendalian diistilahkan sebagai pernyataan mengenai prosedur pembetulan yang dianut dan kriteria yang sedang ditemukan. Konsepsi ini sebenarnya harus dibedakan tegas dengan tindakan koreksi. Pengendalian adalah proses pembenaran yang harus dilakukan sebelum penyimpangan tersebut terjadi.
     Pengukuran pengendalian adalah istilah bagi setiap tindakan dan kegiatan yang dapat dilakukan untuk mencegah atau menghilangkan bahaya keamanan pangan atau mengurangi sampai pada tingkat yang dapat diterima. Kata pengukuran pengendalian sebenarnya digunakan untuk memastikan batas pencapaian kegiatan pengendalian itu sendiri.

Berlanjut ke Bagian 2

Sumber : "Sistem Manajemen HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) oleh Dr. Ir. Hermawan Thaheer



Informasi Pelatihan HACCP : Training HACCP 2018
Untuk informasi training lainnya silahkan kunjungi : Website Multi Kompetensi

Thanks for reading & sharing Mk Food

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Search This Blog

Training Multi Kompetensi



Blog Archive