Home » » E. BANGUNAN SISTEM JAMINAN MUTU PRODUK PANGAN (Part 2)

E. BANGUNAN SISTEM JAMINAN MUTU PRODUK PANGAN (Part 2)

Posted by Mk Food on Friday, March 2, 2018

Lanjutan dari Part 1

     Sertifikasi HACCP sebenarnya hampir mendekati konsep sertifikasi produk. Stnadardisasi produk menurut konsep ISO Guide 65 adalah upaya jaminan mutu suatu produk oleh lembaga independen setelah emlalui dua proses berikut ini.

  1. Pemeriksaan dan sertifikasi sistem manajemen usaha organisasi penghasil produk tersebut menggunakan standar ISO seri 9000
  2. Pemeriksaan dan sertifikasi hasil uji produk yang diambil secara acak dari hasil produksi organisasi yang telah disertifikasi ISO seri 9000. Standar uji produk seharusnya juga menggunakan panduan yang dikeluarkan oleh International for Standardization (ISO).
Perusahaan yang telah memperoleh sertifikat produk dapat memasang label sertifikat pada produknya. Indonesia mengadopsi sistem sertifikasi produk dari ISO Guide 65, akan tetapi hingga saat ini masih maengakomodasi beberapa sistem lain. Konsep sertifikasi produk nasional adalah sebagai berikut.

1. Pemeriksaan dan sertifikasi sistem manajemen usaha organisasi penghasil produk tersebut menggunakan salah satu di antara pilihan berikut :
a. modul 1, Pedoman BSN Nomor 10;
b. Standar ISO/SNI 19-9001;
c. Standar ISO 14001/SNI 19-14001;
d. Standar HACCP SNI 01-4852-1998.

2. Pemeriksaan dan sertifikasi hasil uji produk yang diambil secara acak dari hasil produksi organisasi yang telah disertifikasi berdasarkan salah satu modul. Standar uji produk harus menggunakan panduan yang dikeluarkan oleh Standar Nasional Indonesia (SNI).

Sertifikasi produk tidaklah diberikan sekali dan berlaku seumur hidup, tetapi memiliki masa berlaku antara 3-5 tahun. Setiap periode 6 bulan, manajemen perusahaan dan produknya diperiksa ulang melalui mekanisme yang disebut surveillance. 

Sumber : "Sistem Manajemen HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) oleh Dr. Ir. Hermawan Thaheer


Informasi Pelatihan HACCP : Training HACCP 2018
Untuk informasi training lainnya silahkan kunjungi : Website Multi Kompetensi

Thanks for reading & sharing Mk Food

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Search This Blog

Training Multi Kompetensi



Blog Archive