Home » » 1. Pembentukan Tim HACCP (Bagian 2)

1. Pembentukan Tim HACCP (Bagian 2)

Posted by Mk Food on Monday, April 9, 2018

Lanjutan Bagian 1

     Pembentukan tim akan berkaitan dengan ruang lingkup penerapan sistem ini untuk menganalisis segemn-segmen dalam rantai pangan yang menerapkan HACCP. Apabila di dalam suatu pabrik terdapat beberapa jenis produk maka analisis bahaya dan perencanaan HACCP-nya dibuat terpisah. Meskipun sertifikat mungkin terbit satu, tetapi di dalam sertifikat akan ditulis rinci ruang lingkup produk yang disertifikasikan.
     Struktur organisasi tim bertanggung jawab kepada wakil manajemen, dan wakil manajemen bertanggung jawab kepada manajemen puncak. Di dalam penyelenggaraan sistem, seluruh anggota bertanggung jawab atas pekerjaan masing-masing departemennya. Agar pengawasan menjadi sangat efektif, beberapa perusahaan meletakkan manajemen operasional tertinggi sebagai wakil manajemen, sehingga fungsi dibawahnya secara praktis masuk ke dalam sistem.
     Disasari bahwa sistem manajemen HACCP akan masuk belakangan, setelah beberapa sistem tersedia di dalam perusahaan, kecuali perusahaan itu baru dibangun. Hal ini menyebabkan sistem akan menjadi asing di tengah operasional perusahaan sehingga beberapa perusahaan membuat pengelolaannya dengna pola ad hoc. Pengelolaan sistem secara tidak permanen umumnya efektif saat sertifikat berhasil dicapai, tetapi diragukan konsistensinya setelah itu.

Sumber : "Sistem Manajemen HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) oleh Dr. Ir. Hermawan Thaheer


Informasi Pelatihan HACCP : Training HACCP 2018
Untuk informasi training lainnya silahkan kunjungi : Website Multi Kompetensi

Thanks for reading & sharing Mk Food

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Search This Blog

Training Multi Kompetensi



Blog Archive