Home » » 1. Pembentukan Tim HACCP

1. Pembentukan Tim HACCP

Posted by Mk Food on Wednesday, April 4, 2018

1.  Pembentukan Tim HACCP
     Komitmen manajemen puncak harus dijabarkan pada tingkat operasional. Keamanan pangan seperti juga permasalahan lainnya di bidang manufaktur, sudah pasti mendapat porsi perhatian terbatas dari pimpinan perusahaan sehingga wajar saja apabila manajemen puncak tidak dapat terlibat penuh pada kegiatan ini. Berbagai permasalahan lain seperti finansial, pemasaran, dan produksi tampak memerlukan perhatian pula. Dalam konsep manajemen sebagai suatu sistem, diperlukan adanya seorang wakil manajemen yang bersifat operasional sehingga manajemen puncak semestinya menunjuk seorang wakil manajemen.
     Wakil manajemen yang mengiperasikan sistem dari hari ke hari sebenarnya memiliki beberpa fungsi, yakni 
1. menjadi wakil pimpinan perusahaan pada penerapan sistem;
2, mengkoordinasikan tim HACCP;
3. menjadi penghubung dengan lembaga sertifikasi;
     Meskipun di dalam format HACCP konsep wakil manajemen tidak tersurat dengan jelas, tetapi melihat tahap penerapannya maka posisi wakil manajemen menjadi sangat diperlukan.
     Wakil manajemen hendaknya adalah manajemen senior sehingga memiliki cukup kewenangan untuk mengendalikan tim HACCP. Tim HACCP adalah kelompok orang di dalam perusahaan yang bertugas untuk merancang , menerapkan, dan mengendalikan sistem HACCP. Tim tersebut dapat dibentuk oleh wakil manajemen atau dapat pula diangkat bersama pengangkatan wakil manajemen oleh pimpinan perusahaan.
     Tim HACCP sebaiknya tersiri dari perwakilan seluruh departemen yang ada di dalam perusahaan serta berasal dari disiplin ilmu yang berbeda. Apabila keahlian tidak tersedia secara internal, boleh digunakan konsultan dari pihak luar.

Berlanjut ke Bagian 2

Sumber : "Sistem Manajemen HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) oleh Dr. Ir. Hermawan Thaheer



Informasi Pelatihan HACCP : Training HACCP 2018
Untuk informasi training lainnya silahkan kunjungi : Website Multi Kompetensi

Thanks for reading & sharing Mk Food

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Search This Blog

Training Multi Kompetensi



Blog Archive