Home » » E. PEDOMAN PENERAPAN

E. PEDOMAN PENERAPAN

Posted by Mk Food on Tuesday, April 3, 2018

     Persyaratan dasar (prerequisites) menjadi landasan bagi penerapan sistem HACCP yang meliputi landasan bagi penerapan sistem HACCP yang meliputi Prinsip Umum Higiene Pangan Codex, Standard Sanitation Operation Procedures (SSOP), dan prinsip umum Good Manufacturing Practices (GMP). Sistem HACCP sebenarnya dapat diterapkan tanpa GMP dan SSOP, akan tetapi tingkat kesulitannya menjadi sangat tinggi dimana perusahaan harus menata secara menyeluruh.
     Prinsip penerapan GMP dan SSOP akan berhubungan dengan penataan sumberdaya manusia, peralatan, fasilitas fisik, dan pranata dasar yang baik dan memenuhi kaidah kesehatan yang diperlukan. Perancangan sistem HACCP yang langsung dipadukan dengan GMP dan SSOP tentu akan sangat memberatkan.
     Seperti juga sistem manajemen sukarela lainnya, meskipun ada beberapa instansi yang menjadikannya wajib, penerapan sistem HACCP tetap harus dimulai dari komitmen manajemen. Manajemen puncak yang komitmen pada penerapan sistem ini akan memeperhatikan  tanggung jawabnya. Berbagai konsekuensi pengeluaran yang berkait dengna biaya ini tentu hanya dapat dipenuhi apabila ada komitmen yang kuat.


Sumber : "Sistem Manajemen HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) oleh Dr. Ir. Hermawan Thaheer



Informasi Pelatihan HACCP : Training HACCP 2018
Untuk informasi training lainnya silahkan kunjungi : Website Multi Kompetensi

Thanks for reading & sharing Mk Food

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Search This Blog

Training Multi Kompetensi



Blog Archive