Home » » 13. Pelatihan

13. Pelatihan

Posted by Mk Food on Thursday, May 3, 2018

     Semua personal yang terlibat di dalam penerapan sistem HACCP harus mendapat pelatihan yang sesuai. Pelatihan tersebut disesuaikan dengan posisi dari penyelenggara sistem, misalnya internal auditor, penilai TKK, wakil manajemen, pengendali dokumen, operator mesin, dan lain-lain.
     Pelatihan harus menyentuh semua perangkat organisasi perusahaan, selain untuk meningkatkan kemampuan tenaga kerja juga sebagai upaya untuk memberikan kepedulian kepada semua karyawan. Pelatihan dapat dipergunakan pula sebagai sarana komunikasi internal.
     Pelatihan tidak harus dilakukan oleh lembaga eksternal perusahaan dan tidak pula harus dilakukan dengan sistem kelas yang formal, tetapi dapat dilakukan oleh sumber daya internal perusahaan yang telah terlatih. Sarana penjelasan tugas atau briefing yang terekam dapat dikategorikan sebagai pelatihan.
     Perencanaan pelatihan harus dibuat perusahaan disesuaikan dengan analisis kebutuhan kompetensi. Perencanaan tersebut harus dibuat dalam sistem dokumentasi yang memadai dan diotorisasi oleh pejabat yang berwenang.
     Rekaman hasil training meliputi semua catatan yang berkaitan dengan aktivitas pelatihan, misalnya daftar hadir pelatihan,evaluasi hasil pelatihan, rekaman sertifikat hasil pelatihan, rekaman penyelenggaraan pelatihan, dan sebagainya.

Sumber : "Sistem Manajemen HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) oleh Dr. Ir. Hermawan Thaheer

Informasi Pelatihan HACCP : Training HACCP 2018
Untuk informasi training lainnya silahkan kunjungi : Website Multi Kompetensi

Thanks for reading & sharing Mk Food

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Search This Blog

Training Multi Kompetensi



Blog Archive