Home » » 11. Penetapan Prosedur Verifikasi (Prinsip 6)

11. Penetapan Prosedur Verifikasi (Prinsip 6)

Posted by Mk Food on Sunday, April 29, 2018

     Kegiatan verifikasi terdiri dari empat jenis kegiatan, yaitu validasi HACCP, meninjau hasil pemantauan, pengujian produk, dan auditing. Frekuensi verifikasi harus dilakukan secukupnya untuk mengonfirmasikan bahwa sistem HACCP bekerja secara efektif.
     Peninjauan kembali sistem HACCP dan catatannya dapat dimasukkan sebagai kegiatan verifikasi. Salah satu kegiatan yang dapat dimasukkan ke dalam kegiatan ini adalah pelaksanaan audit internal HACCP. Audit internal dapat dilakukan secara mandiri oleh organisasi yang dibentuk khusus untuk itu, terdiri dari beberapa personal internal perusahaan yang memiliki kompetensi audit. Audit internal dapat pula menggunakan jasa eksternal audit, yakni mengundang lembaga audit independen dengan tujuan untuk mengevaluasi sistem.
     Peninjauan kembali penyimpangan dan disposisi produk dapat dimasukkan sebagai kegiatan verifikasi. Pengambilan contoh dan pengujian produk dapat dimasukan sebagai salah satu langkah kegiatan verifikasi.
     Konfirmasi TKK agar tetap dalam kendali, termasuk apabila memungkinkan tindakan untuk konfirmasi kemanjuran semua elemen-elemen rencana HACCP, merupakan salah satu kegiatan verifikasi sistem HACCP.


Sumber : "Sistem Manajemen HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) oleh Dr. Ir. Hermawan Thaheer


Informasi Pelatihan HACCP : Training HACCP 2018
Untuk informasi training lainnya silahkan kunjungi : Website Multi Kompetensi

Thanks for reading & sharing Mk Food

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Search This Blog

Training Multi Kompetensi



Blog Archive