Home » » 2. Deskripsi Produk (Bagian 2)

2. Deskripsi Produk (Bagian 2)

Posted by Mk Food on Tuesday, April 10, 2018


Lanjutan Bagian 1

     Sifat fisik produk perlu diperiksa dan diinformasikan dengan saksama di antaranya ukuran partikel, kelenturan, kerapuhan, kekerasan, kerenyahan, dan sifat fisik lainnya. Sifat kimia yang umum diperiksa adalah aktivitas air, keasaman, titik cair, titik leleh, titik asap, ketengikan, dan sifat kimia lainnya. Sifat fisika-kimia yang berkaitan dengan keamanan pangan akan menjadi perhatian utama.
     Perlakuan mikrosida atau mkrostatik yang dilakukan harus dijelaskan pada analisis, misalnya pemanasan, pembekuan, penggaraman, pengasapan, iradiasi, atau justru penggunaan bahan kimia pembunuh dan penghambat mikroorganisme. Evaluasi terhadap perlakuan ini untuk memastikan keberhasilan proses penghambatan atau pembunuhan mikroorganisme tersebut. Selain itu, informasi perlakuan ini dipergunakan pula untuk menduga kerusakan nilai gizi, penurunan mutu produk, kontaminasi silang, atau justru pengaruh negatif bahan kimia pembunuh mikroorganisme.
     Pengemasan produk dipergunakan untuk memberikan perlindungan yang aman hingga penyajian. Beberapa sifat fisika-kimia produk dipastikan akan sangat erat berkaitan dengan penyimpanan dan masa simpan.

Lanjut ke Bagian 3


Sumber : "Sistem Manajemen HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) oleh Dr. Ir. Hermawan Thaheer



Informasi Pelatihan HACCP : Training HACCP 2018
Untuk informasi training lainnya silahkan kunjungi : Website Multi Kompetensi

Thanks for reading & sharing Mk Food

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Search This Blog

Training Multi Kompetensi



Blog Archive