Home » » 2. Deskripsi Produk (Bagian 3)

2. Deskripsi Produk (Bagian 3)

Posted by Mk Food on Wednesday, April 11, 2018


Lanjutan Bagian 2

Aspek keamanan pangan yang mungkin terjadi berkaitan dengan pengemasan adalah bahan kimia pengawet, kebocoran, kegagalan pengawetan, kontaminasi kontainer, pengaruh atmosfer bebas, dan kemungkinan respirasi produk. Dengan demikian, informasi pengemasan yang harus disajikan adalah :

  1. metodologi pengemasan;
  2. sifat produk dan interaksinya dengan bahan kemasan;
  3. bahan kemasan primer dan sekunder;
  4. pengaruh lingkungan luar;
Kondisi penyimpanan dan daya tahan diperiksa guna memberikan gambaran yang lengkap berkaitan dengan Good Handling Practices dan Good Distribution Practices. Ketahanan produk pada kondisi fisik tertentu baik temperatur, kelembapan, cahaya, getaran, dan pengaruh fisik lainnya perlu dijabarkan dengan tegas. Ketahanan produk pada perlakuan kimia seperti penggaraman, penggunaan dalam cairan gula, atmosfer termodifikasi, dan perlakuan kimia lainnya menjadi sumber pertimbangan selama penyimpanan.Pemeriksaan daya tahan dapat saja dikaitkan dengan pengujian masa kedaluwarsa, meskipun tidak sepenuhnya demikian.

Metode distribusi perlu dideskripsikan dengan gamblang guna menghindari kerusakan atau pencemaran selama distribusi. Pengangkutan produk umumnya mempertimbangkan beberapa hal, seperti sifat bahan, kondisi lingkungan, modal dan sifat fisiknya, tujuan penggunaan produk, waktu pengangkutan, dan interaksi produk dengan lingkungan selama pengangkutan.



Sumber : "Sistem Manajemen HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) oleh Dr. Ir. Hermawan Thaheer


Informasi Pelatihan HACCP : Training HACCP 2018
Untuk informasi training lainnya silahkan kunjungi : Website Multi Kompetensi

Thanks for reading & sharing Mk Food

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Search This Blog

Training Multi Kompetensi



Blog Archive