Home » » 5. Kepastian Bagan Alir di Lapangan

5. Kepastian Bagan Alir di Lapangan

Posted by Mk Food on Tuesday, April 17, 2018

     Bagan alir yang dibuat belum dapat dikatakan sama dengan proses sebenarnya di lapangan, tetapi masih memerlukan evaluasi dan kepastian melalui pengamatan langsung. Berbekal diagram alir yang tersedia, dilakukan melalui pengamatan langsung. Berbekal diagram alir yang tersedia, dilakukan pemeriksaan ke dalam lini produksi pabrik dengan sangat hati-hati dan teliti.
     Aliran bahan berupa scrap, reprocess, limbah, produk samping, atau bahan lain selain produk utama, umumnya tidak dimasukkan ke dalam gambar diagram alir awal karena tidak menjadi perhatian serius. Aliran scrap dan limbah dapat menjadi sumber pencmaran dan kontaminasi silang terhadap proses utama.
     Jalur masuk beberapa bahan pembantu produksi sepanjang lini proses harus dapat diungkapkan jelas pada saat melakukan verifikasi bagan alir di lapangan. Jalur masuk ini dapat membawa kontaminan yang berdampak serius pada produk akhir, sehingga penggambaran jumlah, sifat, dan perilakunya perlu dideskripsikansecara jelas.
     Kontaminasi silang dapat pula terjadi akibat kontak bahan makanan dengna mesin dan peralatan yang dipergunakan sehingga penggambaran diagram alir terhadap mesin produksi menjadi snagat bermanfaat. Acap kali kontaminasi silang dapat pula terjadi dari personal operator di lini proses. Kontaminasi Staphylococcus aureus pada makanan beku dapat disebabkan oleh personal pabrik yang secara potensial menjadi inang. Posting tenaga kerja di lini produksi menjadi snagat bermanfaat untuk memastikan bahwa personal tersebut telah memenuhi standar kesehatan yang memadai.

Sumber : "Sistem Manajemen HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) oleh Dr. Ir. Hermawan Thaheer


Informasi Pelatihan HACCP : Training HACCP 2018
Untuk informasi training lainnya silahkan kunjungi : Website Multi Kompetensi

Thanks for reading & sharing Mk Food

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Search This Blog

Training Multi Kompetensi



Blog Archive