Home » » 7. Penentuan Titik Kendali Kritis (Prinsip 2)

7. Penentuan Titik Kendali Kritis (Prinsip 2)

Posted by Mk Food on Thursday, April 19, 2018

     Beberapa pengendalian titik kendali kritis dapat dilaksanakan menuju pencegahan bahaya yang sama. Titik kendali kritis itu sendiri mudah diterapkan dengan penggunaan diagram pohon. Penerapan dari pohon keputusan harus fleksibel tergantung apakah operasi produksi, pemotongan, pengolahan, penyimpanan, distribusi, atau lainnya.
     Perusahaan yang menerapkan sistem HACCP harus mampu memisahkan Titik Kendali Kritis (TKK) atau Titik Kendali (TK) saja. Menurut definisi US National Committee on Microbiological Criteria for Food (NACMCF,1990):
TK:
Setiap titik dalam sistem pangan spesifik, di mana hilangnya kendali dapat menimbulkan cacat ekonomis atau mutu, atau peluang terjadinya risiko kesehatan rendah.
contoh : Pasteurisasi susu, proses termal untuk makanan kaleng, refregerasi makanan dingin proses minimal, detektor logam pada jalur daging giling.
TKK:
Setiap titik dalam sistem pangan spesifik di mana hilangnya kendali dapat menimbulkan peluang risiko kesehatan yang besar. 
Contoh : Foot bath dalam fasilitas pengalengan, tempat cuci tangan dalam pabrik sayuran beku, klorinasi ketel pengaduk dalam operasi pengalengan makanan, dan pengendalian hama dalam pabrik keju.

     Penentuan TKK dapat meliputi beberapa bagian, yakni bahan mentah (baik untuk produksi ataupun pemeliharaan), lokasi/kondisi/lingkungan, praktik kerja, dan prosedur/tahap proses. Keempat bagian tersebut dapat dikendalikan untuk dua hal berikut:
1. menghilangkan/mencegah bahaya (TKK1);
2. mengurangi bahaya (TKK2).
     Jika suatu bahaya telah teridentifikasi pada suatu tahap di mana pengendalian penting untuk keamanan, dan tanpa tindakan pengendalian pada tahap tersebut atau yang lainnya. Setelah itu produk atau proses harus dimodifikasi, atau pada tahap sebelum atau sesudahnya untuk memasukkan suatu tindakan pengendalian.

Sumber : "Sistem Manajemen HACCP (Hazard Analysis Critical Control Points) oleh Dr. Ir. Hermawan Thaheer

Informasi Pelatihan HACCP : Training HACCP 2018
Untuk informasi training lainnya silahkan kunjungi : Website Multi Kompetensi

Thanks for reading & sharing Mk Food

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Search This Blog

Training Multi Kompetensi



Blog Archive